Asal usul Sejarah Suku Batak


Asal usul Sejarah Suku Batak
By Andri Malau Lambean

Batak merupakan satu istilah kolektif yang digunakan untuk menunjuk kepada kumpulan suku yang terdapat di dataran tinggi Sumatera Utara—yang berpusat di Danau Toba. Wilayah ini terbentang di antara 1° 30’ - 2° 4’ Lintang Utara dan 98° - 100° Bujur Timur. Daerah ini menjadi tempat tinggal sebagai daerah asali(bonapasogit)dan pusat peradaban.

Fakta sejarah asal usul suku Batak menunjukkan beberapa penelitian yang coba dicari oleh beberapa ahli. Dari sekian banyak penelitian dan hasilnya, satu hal dapat dikatakan sama bahwa suku Batak berasal dari keturunan si Raja Batak. Namun mengenai asal usul suku Batak masih perlu ada satu studi khusus untuk itu. Secara singkat dari sekian banyak penelitian yang ada, coba dijabarkan beberapa penelitian yang menurut saya bisa diacu.

Seorang budayawan Batak yang terkenal, Batara Sangti berpendapat bahwa suku bangsa Batak berasal dari salah satu kampung (negeri) di Burma (Siam) (Batara Sangti, Sejarah Batak, Balige: Karl Sianipar Company, 1978, hal. 26). Pendapat ini merupakan hasil studinyanya mengenai asal kata Batak yang berasal dari kata Bataha. Kata ini adalah nama sebuah perkampungan di Burma. Jadi dapat dikatakan bahwa negeri tersebut menjadi asal nenek moyang orang Batak sebelum bermigrasi ke daerah Tapanuli.

Bungaran Anthonius Simanjuntak (Bungaran A. Simanjuntak, Konflik Status & Kekuasaan Orang Batak Toba, Yogyakarta, Penerbit Jendela, 2002, hal. 75) melukiskan beberapa pendapat berkenaan dengan asal usul nenek moyang suku Batak.

Pendapat pertama, suku Batak termasuk suku bangsa Melayu tua yang berasal dari Indocina atau Hindia Belakang.

Kedua, ada lagi yang mengatakan bahwa nenek moyang orang Batak berasal dari Utara (tanpa menyebutkan nama tempat) dan dari situ berpindah ke kepulauan Filipina dan berpindah lagi ke Sulawesi Selatan, berlayar hingga akhirnya mendapat di pelabuhan Barus, dan kemudian bergeser ke pedalaman dan menetap di kaki gunung Pusuk Buhit, di tepi pulau Samosir, tempat asal usul peradaban suku Batak.

Pandangan lain mengungkapkan bahwa keturunan suku Batak berasal dari Hindia Muka (India), pindah ke Burma, kemudian ke tanah gentig Kera di Utara Malaysia. Setelah itu berlayar sampai ke Tanjung Balai, Batu Batubara dan di Pangkalan Brandan atau Kuala Simpang di Aceh. Dari sanalah mereka naik ke pedalaman sekitar Danau Toba.

Dari semua pendapat yang ada mengenai sejarah asal usul orang Batak apa yang bisa kita simpulkan. Teori yang dikemukan Batara Sangti lebih dapat mendekati kebenaran. Banyak alasan yang mendukung mengatakan bahwa suku Batak termasuk dalam rumpun proto-Melayu yang juga merupakan rumpun yang sama dari suku-suku di Indonesia. Dan menurut catatan sejarah rumpun proto-Melayu ini berasal dari Asia Selatan, dan diyakini di Burma. Dengan demikian bahwa suku Batak berasal dari salah satu daerah yang terletak di Burma yang berlayar sampai ke Malaysia, lalu menyeberang dan menghuni daerah sekitar Danau Toba.

Komentar

DEO BERDHARMA mengatakan…
Saya adalah bere dari malau (perkenalan)
saya msh begitu ragu dengan berbagai sumber yang banyak saya baca. baik buku, internet, maupun cerita dari para tua-tua yg masih ada. Buka tidak percaya, tapi karena terlalu banyak kesimpang siuran dan buku siap memberi fakta-fakta menurut versi masing-masing.
Sebagai bere saya merasa sangat perlu tau bagaimana fakta otentik tentang sejarah Batak, terutama Tulang saya keturunan Guru Tetean Bulan tanpa terkecuali.
Jadi buat Saudara/i yg punya fakta yg bisa di percaya tolong bantu saya mendapatkan sejarah batak dan jg marga Tulang saya.
karena kata mami"Tulang adalah setengah dari besarnya langit"
Horas Batak.
Maju terus Batak
Andri Malau mengatakan…
Terimakasih atas komentar Bere... Saya memiliki buku atau referensi yang dapat dipertanggungjawabkan berkaitan dengan adat, sejarah batak. begitu pula dengan pomparan op. guru tatea bulan...

Postingan populer dari blog ini

siapa yg tertua antara Lubis dgn Pasaribu?/

Malau Raja atau Silau Raja???

Siapa itu Naimarata???