Cadangan Devisa RI Bisa 120 Miliar Dolar AS

Cadangan Devisa RI Bisa 120 Miliar Dolar AS
Tribunnews.com - Jumat, 25 Februari 2011 18:15 WIB

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Andri Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ada kabar gembira. Bank Indonesia menengarai cadangan devisa Indonesia bakal menguat hingga 110-120 miliar dolar AS di akhir tahun. Cadangan ini terkerek naik seiring pesatnya aliran modal asing ke Tanah Air.

"Iya. Perhitungan kita akhir tahun memang akan bergerak antara 110-120 miliar dolar AS," kata Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, di Jakarta, Jumat (25/2/2011).

Namun demikian, Darmin mengingatkan. Dengan cadangan devisa Indonesia yang saat ini masih berada di posisi 98 miliar dolar AS, menurut Darmin, Indonesia belum bisa menggapai cadangan devisa 100 miliar dolar AS di semester pertama.

"Itu memang kita perkirakan semester pertama ini belum tembus US$ 100 miliar, jangan terlalu cepat," paparnya seraya menilai, cadangan devisa Indonesia saat ini cukup tangguh untuk membendung larinya modal asing dari Indonesia secara besar-besaran.

"Tapi sebetulnya jika cadangan devisa 90-an miliar dolar AS sudah memenuhi, termasuk persoalan itu (sudden reversal)," sergahnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

siapa yg tertua antara Lubis dgn Pasaribu?/

Malau Raja atau Silau Raja???

Siapa itu Naimarata???