Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,8 Persen

Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,8 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pusat Statistik mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2010 mencapai 5,8 persen. Pertumbuhan ekonomi ini didorong oleh pertumbuhan ekonomi tertinggi pada sektor pengangkutan dan komunikasi yang tumbuh sebesar 13 persen.

Hal ini disampaikan Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Slamet Sutomo saat konferensi pers di Kantor BPS, Jakarta, Jumat (5/11/2010).

Slamet mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia year on year pada kuartal III 2010 adalah 5,8 persen dibanding pertumbuhan ekonomi pada periode yang sama tahun lalu. Adapun pertumbuhan ekonomi per kuartal ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 3,5 persen.

“Pada triwulan III ini, produk domestik bruto (PDB) kita, harga yang berlaku seluruhnya berjumlah Rp 1.654,5 triliun. Kemudian, kalau kita hitung dari kumulatif triwulan, PDB Indonesia mencapai Rp 3.727,6 triliun,” ujarnya.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia sampai pada kuartal III tahun ini, kata dia, antara 5,8 dan 5,9 persen. Dia mengatakan, hal ini disebabkan adanya kegiatan domestik, yakni puasa Lebaran dan liburan. “Selama Periode Juli-September ada kegiatan domestik puasa, lebaran, dan liburan. Kegiatan ini membantu pengaruh ekonomi domestik dalam negeri,” paparnya.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi juga didorong penyerapan anggaran pemerintah yang semakin membaik. (Andri Malau)

(Sumber: www.kompas.com - 08/11/2010)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

siapa yg tertua antara Lubis dgn Pasaribu?/

Malau Raja atau Silau Raja???

Siapa itu Naimarata???