Mendag Pimpin Misi Dagang dan Bilateral ke India

Mendag Pimpin Misi Dagang dan Bilateral ke India

Tribunnews.com - Kamis, 16 Desember 2010 12:08 WIB


Laporan Wartawan Tribunnews.com, Andri Malau

TRIBUNNEWSW.COM, NEW DELHI – Menteri Perdagangan RI Mari Pangestu memimpin misi dagang dan kunjungan kerja ke India. Misi ini bertujuan menindaklanjuti beberapa isu bilateral dalam rangka peningkatan perdagangan kedua negara.

Selain itu, mempersiapkan kunjungan Presiden RI ke India pada awal tahun 2011 terutama terkait dengan kerjasama ekonomi kedua negara.

Mendag bertemu dengan mitra kerjanya, Menteri Perdagangan dan Industri India, Mr Shri Anand Sharma. Pembahasan kedua menteri terpusat pada hasil yang telah dicapai dan bagaimana meningkatkan dan memperluas kerjasama perdagangan, investasi, serta ekonomi ke depan.

Dalam pertemuan tersebut kedua menteri sepakat untuk melanjutkan hubungan bilateral ke level yang lebih tinggi dimana kedua pihak sepakat untuk memperluas dan memperdalam hubungan perdagangan, investasi, dan kerjasama ekonomi dengan membentuk mekanisme hubungan yang lebih terarah baik di tingkat pemerintah maupun sektor swasta.

Dikatakan Mari, itu dapat tercapai antara lain melalui AIFTA maupun II-CECA yang merupakan hasil dan tindak lanjut dari rekomendasi joint study yang dilakukan Indonesia dan India dalam rangka negosiasi kerjasama kedua negara.

Selain itu, kedua menteri juga sepakat untuk membentuk forum dialog G-to-G tingkat menteri yang akan bertemu setiap tahun.

Forum ini akan bertugas untuk mencari pemecahan masalah atas kendala yang dihadapi para pelaku usaha di lapangan serta lebih bersifat memberikan fasilitasi pada peningkatan intensitas perdagangan dan investasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

siapa yg tertua antara Lubis dgn Pasaribu?/

Malau Raja atau Silau Raja???

Siapa itu Naimarata???