Raja Uti, Siapakah Dia??

Tiada kata yang lebih bermakna daripada belajar dan berdiskusi bersama demi mencari kebenaran. apalagi itu berkaitan dengan identitas yang didekatid dari sudut sejarah. Tepatnya sejarah marga kita, yakni sebagai satu keluarga besar pomparan Op. Guru Tatea Bulan.

berikut kembali coba dijadikan menjadi beberapa bagian hasilo dari refleksi bersama pomparan op. Guru Tatea Bulan yang selama ini dibahas bersama dalam FB Naimarata Indonesia.


I. (Santabi sangap ni ompu I) Kenal Raja uti

Raja uti raja gulingguling raja biakbiak raja hatorusan raja ni manisia.holan ido huboto carita sian namboru nantinjo.mlo lao takkas,tu pusuk buhitma nina,manjou oppung i,ipe mlo porsea hita di ibana..asa unang godang versi cerita.alana dang pola godang riwayatna ta boto..mauliate

26 November at 17:24 · Like

Santabi sangap ni ompu ta i, mnrt cerita yg sy dgr Ompu i raja yg sgt sakti n bs berubah2 wujud n santabi Ompu i muse mmg dilahirkan krg sempurna dr saudara2 nya yg lain tp ksaktiannya luar biasa n tdk mpunyai silsilah kturunan n ktnya Ompu kt ini tdk meninggal ato hdp, jd bingung kan?? Dulu Ompu kt ini suka menguji kasih ato rasa kmanusiaa ktt t6rlbih2 di tanah batak dgn menyamar dgn seorang kakek tua dgn pkaian compang camping dgn bau badan yg kotor n uapnya ckup menyengat n mncoba u meminta satu gelas air krn kehausan, tp apa yg trjadi...?? tdk seorangpun berbelas kasih malah menunjukkan rs jijik, Ompu kt itu mrh n mberi pringatan kpd kt dgn didaerah trsbt yg didatanginya trjadi longsor yg bnyk memakan korban, wktu sy jln2 ke Limbong sy ada liat patung2 Ompu kt itu mlai dr pinoppar ni Ompu Tatea Bulan, sgt unik n sy sgt senang n pengen tau smua crita ttg silsilah Naimarata, kalo ada lg yg lbh tau bnyk ttg Naimarata mhon informasinya ya....mauliate...

26 November at 17:36 · Like · 1

Alpon Pasaribu Mauliate ma dihamu akka comment membangun sian hamuna, nunga tamba akka parbinototan mengenai sejarah ni akka Oppu ta Naparjolo.. Horas jala Gabe, Gabe jala H0ras ma di hita... Botima.

26 November at 18:05 · Like

Parningotan Sagala ia sattabi sangap ni Oppui, ima namargoar Raja Gumeleng-Geleng, Raja Biak-Biak, Raja Uti, Raja Hasaktian, Raja Nasomatua, Raja Nasomate, Raja Hatorusan. mauliate horas jala gabe, gabe jala horas ma dihita Pomparan Naimarata, botima.

26 November at 19:03 · Like

'Mohon M. Sihole Tugu ini tahun 1998 an berdiri hari ulang tahunnya biasanya dibulan November tugu ini kelanjutan dari tugu yang di sibumbung ruma tano sihelleng
arsam limbong. Penggagas dan pendiri tugu ini sama juga orangnya.

27 November at 11:31 · Like

'Mohon M. Sihole Bagi orang-orang tertentu bila jeli melihatnya gambar/rupa ompung ini tidaklah sulit mengenalnya dan siapa namanya. Nama ompung ini berbeda rupa dan nama disetiap luat/tempat.

Saotik sidohonon dang namangambati hatani akka sude dongan tubu.

Siapa nama ompung ini di Pusuk Buhit, siapa di Laumriah Ujung Aceh, siapa di Singkil Aceh siapa di Lobu Tua barus, siapa di Ujung Barus, siapa di Pulo Morsa, siapa di padang pasaman, Siapa di sriwijaya, siapa di sianjur, siapa di singa raja bali, siapa di pulau sorikmerapi dll..????

Tidaklah sama penampakannya dan namanya namun orangnya itu juga. Jikalau tidak begitu kejadiannya berarti ompu ini tidak sakti. Namun begitulah apa adanya!


27 November at 12:03 · Like

Limbong Mulana Karena saya tidak tahu pasti kisah tentang oppung ini,jadi tidak ada komen informasi,kalo coba coba,nanti malah salah-salah bicara lagi deh.hehe..
Trims buat team Naimarata Indonesia atas tag nya.. Horas mauliate.

02 December at 16:23 · Like

Bondar Marga Saya mau nanya moga ada yang bisa dan mau menjelaskan: Tongkat yang dipegang ompu i, tongkat apa namanya. Lalu warna tongkatnya kenapa warna hitam, putih, dan hijau, karena yang biasa dikenal orang batak adalah warna putih, hitam, dan merah. Dan kenapa bukan tunggal panaluan yang dipegang sebagaimana biasa raja orang batak..?>

02 December at 20:44 · Like

'Mohon M. Sihole Tongkat warna hijau/narata.. simbol kehidupan yg mana kesaktian ompu ini:
"siparata naung busuk, sipangolu naung mate"

Yang kedua:
Tongkat dalam arti spritual di tanah batak adalah pendamping (bukan berarti istri), yang mana ompu yg satu ini di damping putri hijau (bermahkota hijau) yg tidak lain adalah itonya sendiri dgn nama lain Si Biding Laut.

Yg ketiga:
Menandakan ompu ini sebagai rumpun Naimarata, namanghatindakkon hadirion ni Naimarata (Yang mempersatukan Naimarata).

03 December at 11:30 · Like · 2

Bondar Marga --> Mohon M. Sihole: Trimakasih ampara penjelasannya. Bisa ditambahi lagi ngak keterangan yang ada dalam tugu. mis: Arca (entah apalah namanya) yang didepan ompui, apa artinya. Apa nama dan maksud yang mirip lumpang dikanan ompu. Nama ulos yang ompu pakai dan kenapa ompu memakai ulos tersebut. Bajunya kenapa putih, kalau ngak salah biasanya kan ompu zaman dulu memakai baju hitam, atau malah cuma pakai ulos aja. Kalau bisa dijelaskan secara detail, terus terang saya pribadi tidak tau sama sekali sejarah habatahon (dan mungkin bukan hanya saya).
Mohon M. Sihole: Tambahan lagi ampara, kalau saya mengamati sopo yang dibangun ini tidak menggambarkan ornamen habatahon (maaf kalau salah), kenapa dibangun seperti itu..?. Dan lagi kalau dilihat sepintas tugu ini sepertinya mirip orang melayu. Bisa beri kami pencerahan ampara..??.

03 December at 18:24 · Like

'Mohon M. Sihole Ulos: Ulos namarlirik merah hitam dan kedua ujung putih itu cirihas habatakon yg mana ompu ini dianugrahi 3 hasuhuon (hahomion=alam gaib , hamalimon=kesucian, kharisma=kepemimpinan/sangap) dan ulos ini langka dan boleh dikatakan hanya ompu ini yg dapat menyandang/ menyematkannya. dan ini biasanya dipakai tokoh tokoh yg sempurna.

03 December at 23:54 · Like

'Mohon M. Sihole BAJU PUTIH:
Baju putih sering prokontra sebagian mengatakan sebagai baju malim. Sebenarnya bukan baju/selempang putih adalah simbol dari MARPUSUKBUHIT.

Marpusukbuhit tidaklah seperti gambaran masa kini yaitu rambut gimbal2x atau dicocang. Marpusukbuhit dengan maksud yg mana diakhir hayatnya/hidupnya menjadi SOMBAON=PERTAPA.

Dimana sombaon atau parsombaoon tidaklah seburuk yg kita tau dlm arti sekarang yaitu tempat parbeguan/keramat... Melainkan tempat yg suci/kudus yg tidak sembarangan berkata/berbuat senonoh ditempat tersebut.
Terkadang orang tua salah memberi contoh atau umpama untuk menakut-nakuti anaknya.

Selain Ompu yg satu ini, 2 lagi Saudaranya yg Marpusukbuhit walaupun tidak sesempurna Ompu itu yaitu:
Ompu Tuan Saribu Raja dan
Si Lau Raja
yg mana kedua ompu ini disematkan juga selempang putih.
Dan tempat yg ditunjuk sebagai tempat sombaonya yg pada umumnya orang sudah tau.


04 December at 00:44 · Like

'Mohon M. Sihole STUPA/ARCA/PRASASTI
(Di depan Ompu i)
Sepintas kita lihat bagai batu yg tidak beraturan dan unik simbol dari ketidakterbatasan.

"UTI SORAMATE, UTI SORAMATUA, NAMARTUA-TUA"

Yang mana artinya:
Yang tidak akan pernah habis dan yang tidak pernah pupus/hilang, dan tetap ada selama_lamanya.

Wao..... sungguh luar biasa...

04 December at 01:16 · Like

'Mohon M. Sihole SAPA/TATUAN/LUMPUNG
(disebelah kanan ompu i)
Sebenarnya ini sapa (barang yg tidak bisa dipinjam) yang mana di tanah batak biasanya dipakai untuk tempat makan atau hidangan lainya.

Namun disini fungsinya sebagai tempat meletakkan:
-dupa/kemenyan;
-wewangian/mur/kapur barus;
-sirih/demban;
-utte hau/anggir/pangir/ pangurason/jrk purut;
-dll.

04 December at 01:23 · Like

'Mohon M. Sihole SOPO GODANG
Memang gambaran sopo ini adalah sopo godang yg lebih condong ke melayu yaitu melayu pesisir, tidaklah seperti sopo/ruma/jabu batak asli dan gorganya pun sudah fariasi lain yaitu campuran.

KENAPA........?
1. Lain lubuk lain ikannya, lain tempat lain versinya namun dasar_dasarnya sama.
2. Daerah Lobutua daerah pesisir yg manapada jaman dulu pelabuhan yg termasyur dan banyak di datangi orang luar khususnya melayu.
3. Secara garis keturunan... melayu itu adalah saudara dari leluhur kita yg mana ompu yg mempersatukannya ENG BANUA atau RAJA DOMIA
4. Pengerjaannya sopo ini duluan marhite_hite tangiang dohot penampakan. Dan gambar yg ditunjukkan pada tukang/pande dan kepada penggagas seperti sopo godang.

TRIMS UNTUK SEMUA SAUDARA/SAUDARIKU YG TERCINTA.


04 December at 01:41 · Like

Bondar Marga --> Mohon M. Sihole: Trimakasih ampara atas penjelasannya, Waoo..keren ampara.
Kalau berkenan bisa ngak lebih detail digambarkan kesaktian ompui.

04 December at 21:14 · Like

'Mohon M. Sihole Bisa aja amparaku tapi... minta ijin dulu kita ama opung itu bisa tidak dipublikasikan kesaktiannya... atau apa2x aja yg bisa kita ceritakan.
Jika ada ijin .... semua pasti bisa di tampilkan ampara.

05 December at 22:18 · Like

Bondar Marga Trimakasih ampara..meskipun saya masih penasaran akan cerita ompui, tapi saya rasa cukup kalau memang tak diizinkan kita pinomparnya tidak sembarang untuk sekedar mengetahui. Mauliate jala horas ma ampara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

siapa yg tertua antara Lubis dgn Pasaribu?/

Malau Raja atau Silau Raja???

Siapa itu Naimarata???