Perancis Siap Investasi Bandung Metropolitan Rail Way

Perancis Siap Investasi Bandung Metropolitan Rail Way

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Andri Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Perancis bakal investasi projek Bandung Metropolitan Rail way sebesar USD175 juta lebih.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, mengatakan dalam program Pemerintah dengan pemerintah (G to G), Pemerintah Perancis menyiapkan beberapa infrastruktur yang terkait dengan transportasi dan air bersih dan beberapa projek lain.

"Misalkan projek yang di Bandung itu disebut dengan Bandung Metropolitan Rail way yang menyangkut investsasi atau menyangkut pembangunan railway elektrik Bandung sampai cicalengka dengan nilai projek lebih dari 175 juta dolar," ungkapnya di Jakarta, Jumat (25/2/2011).

Hatta mengatakan ini usai berunding dengan Menteri Ekonomi, Keuangan, dan Industri Perancis Christine Lagarde dengan delegasinya yang antara lain terdiri atas 40 pemimpin bisnis asal Perancis.
Menurutnya, kalau proyek ini dibangun maka akan membantu mengatasi keruwetan kemacetan di daerah tersebut.

Selain itu, Perancis juga kini tertarik di daerah Surabaya juga dilakukan studi berkaitan dengan griter Surabaya. Dan pemerintah Perancis tertarik bekerjasama pengembangan geothermal.

"Mereka juga interest sekali di bidang geothermal energi dan juga kerjasama di bidang iklim ekstrim yang dihandle oleh BMKG. Terhadap geotermal tadi itu Bappenas menyampikan kita membuka untuk skin G to G terutama kerjasama untuk cleen energi tersebut," jelasnya.

Hatta menjelaskan bahwa Perancis melihat Indonesia banyak mengalami kemajuan didalam membangun iklim usaha.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

siapa yg tertua antara Lubis dgn Pasaribu?/

Malau Raja atau Silau Raja???

Siapa itu Naimarata???