13 Tewas dalam Rangkaian Ledakan Bom di Bagdad

13 Tewas dalam Rangkaian Ledakan Bom di Bagdad

TRIBUNNEWS.COM, BAGDAD - Serangkaian pemboman di dan sekitar Bagdad menewaskan 13 orang. Dilaporkan AFP, dari 13 orang tewas, termasuk tujuh polisi.

“Selain itu, juga melukai 65 pada hari Minggu (22/5/2011),” ungkap para pejabat keamanan setempat kepada AFP.

Media setempat mengabarkan paling tidak sebanyak 11 bom terjadi di bagian wilayah Irak ini. “Tercatat dua kendaraan dikemas dengan bahan peledak dan satu penyerang melakukan aksi bunuh diri dalam serentetan ledakan pagi hari, meskipun tidak segera jelas apakah aksi tersebut saling terkait,” lapor AFP.

Serangan mematikan ini meneawaskan tujuh polisi dan 10 anggota kepolisian lainnya luka-luka akibat aksi bom bunuh diri di kota Taji, 25 kilometer (15 mil) utara ibukota. Hal ini dikemukakan seorang pejabat kementerian dalam negeri yang namanya enggan disebut.

“Satu aksi bom mobil awalnya pecah sekitar pukul 09:00 waktu setempat di kota itu, dan ketika warga dan awak ambulans tiba di tempat kejadian, seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya,” kata pejabat itu.

Empat bom terjadi di pinggir jalan dan sebuah bom mobil berlangsung dekat sebuah kantor polisi di daerah Baghdad selatan, Al-Amil, menewaskan dua orang dan 15 terluka, termasuk tiga polisi. Sementara satu bom meledak di pinggir jalan di Saidiyah, juga di selatan, dan melukai tiga orang.

Dua bom juga meledak di pinggir jalan, satu di dekat rumah sakit dan lainnya dekat sebuah pasar terkenal, di distrik utara yang didominasi warga Syiah, di Kota Sadr Bagdad. Ledakan ini menyebabkan dua orang tewas dan 14 terluka. Demikian dikatakan pejabat kementerian dalam negeri tersebut.

Selain itu, ledakan juga terjadi di Bagdad utara. Satu bom meledak di pinggir jalan yang menargetkan konvoi seorang brigadir jenderal polisi. Ledakan ini menewaskan lima warga sipil dan melukai orang, termasuk dua pengawal komandan senior.

Selanjutnya, dua bom di pinggir jalan di alun-alun Al-Wathiq juga menghantam wilayah ini dan menewaskan satu orang dan melukai 12 orang. Enam dari korban luka-luka tercatat anggota polisi. Sementara ledakan bom di Beirut Square bagian timur melukai enam warga.


Penulis: Srihandriatmo Malau

Komentar

Postingan populer dari blog ini

siapa yg tertua antara Lubis dgn Pasaribu?/

Malau Raja atau Silau Raja???

Siapa itu Naimarata???