Darwin Dukung Pertamina Incar Blok Angola

Darwin Dukung Pertamina Incar Blok Angola

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Menteri ESDM mendukung perusahaan pelat merah PT Pertamina (Persero) mengincar 25% saham blok migas di wilayah Angola, Afrika dari ExxonMobil Group.

Hal ini dikemukakan Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh, dalam rilis ditjen kementerian ESDM. Dia memberikan dukungannya terhadap rencana Pertamina tersebut.

”Bagus. Itu langkah strategis yang perlu kita dukung bersama,” ujar Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh usai membuka acara Seminar dan Pameran Indo Solar-Wind 2011 di Balai Kartini.

Lebih lanjut dia mengatakan guna meningkatkan sumber-sumber minyak nasional, tidak hanya dilakukan dengan cara mengeksploitasi sumber minyak di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri.

Menurutnya, jika Pertamina mengakuisisi blok migas di luar negeri, itu juga berarti termasuk minyak nasional. Hal itu dikarenakan Pertamina merupakan perusahaan minyak nasional. Minyak yang dihasilkan, dapat juga dibawa ke dalam negeri.

Menurut Wall Street Journal, Pertamina dikabarkan menawar senilai US$ 3,5 miliar atau setara 29,86 triliun. Nilai penawaran itu, konon melebihi tawaran yang diajukan pesaing Pertamina untuk memperebutkan Blok 31-nama blok migas di Angola- seperti Sinopec Group dan perusahaan migas asal India, Oil and Natural Gas Corporation Limited (ONGC).

Selain Exxon, saham Blok 31 saat ini juga dimiliki BP Plc sebesar 26,7%, Statoil ASA 13,3% dan Marathon Oil Corp (MRO) 10%. Sebelumnya, perusahaan migas asal Prancis, Total SA, telah menjual 5% saham kepemilikan di Blok 31 kepada perusahaan hongkong, China Sonangol International Holding Ltd.

Penulis: Srihandriatmo Malau

Komentar

Postingan populer dari blog ini

siapa yg tertua antara Lubis dgn Pasaribu?/

Malau Raja atau Silau Raja???

Siapa itu Naimarata???