Guardiola Ukir Rekor Emas Bersama Barca

Guardiola Ukir Rekor Emas Bersama Barca

TRIBUNNEWS.COM, WEMBLEY – Empat trofi Piala Eropa dan sepuluh trofi utama di bawah Pep Guardiola akan menjadi target ketika Barcelona tiba di Wembley, Sabtu (28/5/2011) malam untuk laga final liga Champions.
Namun, apapun hasil melawan Manchester United, Guardiola telah menjadi kisah sukses yang benar-benar sensasional, dengan catatan yang tak terhitung jumlahnya sudah direngkuh kubu Barca.

Di sini, dikutip dari FIFA, dapat dilihat beberapa sukses besar yang telah dicapai pelatih dan pemain Catalan ini selama tiga musim terakhir.
1. 900 gol di turnamen UEFA berhasil dicatat Barcelona saat Lionel Messi mampu menjaringkan gol kemenangan 2-0 mereka di Bernabeu di leg pertama semifinal.
2. 550 rekor penampilan Xavi di Barca. Penampilan pemain bernomor punggung 6 ini adalah rekor baru diukirnya saat melawan Athletic Bilbao pada tanggal 5 Januari lalu. Sebelumnya rekor dipegang Migueli. Rekor Xavi ini sendiri tak tertandingi, dimana saat ini dirinya tercatat telah bermain bersama Barca dalam 576 kali penampilan.
3. 179 gol telah ditorehkan Messi bersama Barcelona dan membuat dirinya naik urutan ketiga dalam klasemen klub pencetak gol terbanyak sepanjang zaman. Catatan Messi ini kalah dengan Kubala Laszlo (196) dan Cesar Rodriguez (235).
4. 149 gol telah berhasil dicetak dalam 61 pertandingan Barcelona musim ini.
5. 99 gol telah dicetak oleh Messi di 107 penampilan selama dua musim terakhir.
6. 99 poin dari 114 poin sempurna dalam satu musim berhasil dibukukan Barcelona 2009/10. Di bawah arsitek Guardiola, Barca mampu menutup musim ini tanpa pernah kebobolan dan memimpin di puncak liga, dimana tiap pertandingan mencetak tiga atau lebih gol dalam 50 persen pertandingan liga mereka.
7. 58 gol dalam 54 penampilan Barcelona, adalah rekor menakjubkan diukir Messi pada musim 2010.
8. 49 gol luar kandang pada musim ini dan 46 gol di Camp Nou telah membuat Barca hanya tim kedua dalam sejarah La Liga mampu mencetak gol lebih banyak dalam lawatan tandangnya daripada di kandang. Real Madrid, sebelumnya mencatat 34 gol tandang dan 32 di Bernabeu pada tahun 2006/07.
9. 36 gol Eropa telah ditorehkan Messi sebagai pencetak gol Barcelona terkemuka di kompetisi antar benua. Catatan sebelumnya dipegang Rivaldo dengan 31 gol.
10. 23 pertandingan tandang tanpa kalah, berhasil dicatat tim Catalan ini dalam waktu dari setahun. Rekor sebelumnya 19 pertandingan berhasil dibukukan oleh Real Madrid antara 1979 dan 1980.
11. 22 pemain yang berbeda telah berhasil mencetak gol untuk Barcelona musim ini, torehan ini memecahkan rekor klub sebelumnya 20 pemain dari musim 1995/96.
12. 21 kebobolan gol dalam 38 pertandingan La Liga musim ini terjadi di kubu Barca. Rekor ini memperbaiki rekor mereka sebelumnya, 24 gol kebobolan mereka pada musim lalu.
13. 17 final Eropa kini telah dicapai oleh Barcelona, memecahkan rekor sebelumnya,16 kali final Eropa yang dicatat saingan lamanya Real Madrid.
14. 11 Gol dalam Liga Champions musim ini telah memungkinkan Messi menjadi pemain pertama dalam turnamen itu, yang berhasil mencetak gol di tiga pertandingan berturut-turut.
15. 9 piala telah dimenangkan oleh Guardiola selama tiga musim dikemas. Jika dalam laga final nanti Barca mampu mempercundangi MU, maka tim Catalan ini bakal menambah pundi piala menjadi yang kesepuluh pada Sabtu malam mendatang.
16. 9 dari 11 gelar liga telah dimenangkan oleh Barcelona selama dua dekade terakhir. 9 gelar ini telah terlibat Guardiola baik sebagai pelatih atau pemain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

siapa yg tertua antara Lubis dgn Pasaribu?/

Malau Raja atau Silau Raja???

Siapa itu Naimarata???