Media ini sebagai tempat buku berkisah mengenai ide dan karyaku yang pernah termuat. Selain juga menjadi tempat kita bersama belajar dan berdiskusi mengenai adat budaya Batak
Totama Trio - Yesus Memanggil (Kidung Jemaat)
Dapatkan link
Facebook
Twitter
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
-
Totama Trio - Yesus Memanggil (Kidung Jemaat) https://youtu.be/QCBl86GveUs lewat @YouTube
siapa yg tertua antara Lubis dgn Pasaribu? Herman Sagala Andri Malau: Horas Amanguda.... Dari referensi yg amanguda baca ketika Gurning menjadi penengah (pendamai), siapa yg tertua antara Lubis dgn Pasaribu? Ini sekalian menjawab pertanyaan si namboru Siska Pasaribu Gorat. Andri Malau Herman Sagala: horas amang tua...... dalam semua penelusuran setahu saya klau versinya yang netral tidak ada diketahui solusi siapa yang menjadi siangkangan. Inilah amang tua dan bou yang saya ketahui dan karena itulah dikatakan perdamaian. Siska Boru Pasaribu Tp kan to hrs tw jg sapa yg siangkangan antara lubis dan pasaribu spy tw partuturan cara memanggilnya. Andri Malau saya rasa begtlah yg saya ketahui secara netral klo versi per marga ya jelas marga merekalah yng diajuin sebagai yang tertua. Herman Sagala nah.... bou siska, mending bou tanyakan ke bapak (org tua bou) aja ya.... mungkin bapak malah paham banget mengenai tutur tarombo, dan klo emang iya, kan bou bisa berbagi gu
Malau Raja atau Silau Raja???? By Andri Malau Lambean Berdasarkan historis Budaya Batak bahwa masyarakat Batak berasal dari SIRAJA BATAK. Anak Siraja Batak adalah dua orang, yaitu: 1. Guru Tatea bulan/Naimarata (G. 1) 2. Raja Sumba (G. 1) Guru Tateabulan diberkati dengan 5 orang anaknya, yaitu: 1. Raja Uti / Raja Gumeleng-geleng (G. 2) 2. Sariburaja (G. 2) 3. Limbongmulana (G. 2) 4. Sagalaraja (G. 2) 5. Malauraja (G. 2) Malauraja dikaruniai 5 anak, yaitu: 1. Malau Pase (G. 3) 2. Malau lambean (G. 3) 3. Malau manik (G. 3) 4. Malau ambarita (G. 3) 5. Malau gurning (G. 3) Dengan 5 anaknya, Malauraja mengalami perkembangan dari masa ke masa dalam perjalanan waktu terus mengalami proses. Perkembangan itu meliputi dari masyarakat yang jumlahnya kecil dan ruang yang terbatas, namun luas—arah proses kemasyarakatannya pada masa itu, budaya dan istiadat serta kebiasaan yang dipegang semakin berkembang. Maka penyesuaian dalam sistem kemasyarakatan Batak pada masa itu dengan
Tanya Jawab Seputar Naimarata 2) Banyak wawasan kebudayaan dan kecintaan akan sejarah budaya muncul dalam ranah diskusi demi mendekati kebenaran. begitu juga kala berbicara dan mendekati sejarah NAIMARATA. Generasi kemudian dari sejarah masa lalu, hanya bisa mendekati kebenaranb historistas akan identitasnya dengan bantuan kisah turi-turian yang diwariskan lisan dari generasi ke generasi, catatan sejarah, buku dan "bertemu" tokoh sejarah itu sendiri. Berikut ini akan kembali dibagikan hasil diskusi panjang dari Facebook Naimarata Indonesia. Amsal Sagala HORAS sodaraku, aku ada saran ni; gimana klu marga2 keturunan dari Ompu Guru Tatea Bulan tersebut dibuatkan semacam SKEMAnya (semacam Buku Tarombo gitu)? agar dapat diketahui keturunan dari marga apa yang membentuk marga kembali, misalnya klu ga salah seperti MANIK/DAMANIK, itu kan anak dari MALAU yang membentuk marga kembali. soalya saya juga kurang paham nih tentang partuturan dari Opung kita,,,setelah aku gabun
Komentar